My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Kamis, 13 Juni 2013

Rabia Ameen Profile


Dua minggu berita kematian Jiah Khan menjadi topik hangat di entertainment India. Media terus mengejar info yang cukup menimbulkan tanda tanya besar atas kematiannya. Mulai dari gantung diri, ditemukannya surat kematian, hingga tertangkapnya Sooraj Pancholi yang diperkirakan turut mendukung kematian Jiah.


Tak hanya Jiah Khan dan keluarga Pancholi yang menjadi hits selama dua minggu ini. Tapi nama Rabiya Khan aka Rabia Ameen turut menjadi sorotan. Rabia Ameen berasal dari Agra, Uttar Pradesh. Rabia sempat bermain 6 film Hindi di tahun 1980-an. Namun karirnya tidak secermerlang nama Rekha, Phonam Dillon atau Anita Raj. Merasa karirnya stagnan, Rabia Ameen memilih menikah dengan Ali Rizvi Khan pada 1987, pemuda India-Amerika yang menetap di Chelsea, London. Mereka dikaruniai seorang putri, Nafisa Khan. Nafisa Khan mengubah namanya menjadi Jiah atau Gia yang terinspirasi dari film Angelina Jolie, Gia 1998.

Hubungan rumah tangga Rabia dan Ali Rizvi  tidak bertahan lama, ketika Jiah berusia 3 bulan sang ayah meninggalkan istri dan anaknya di London. Sikap Ali Rizvi yang tidak bertanggung jawab dan membuat Rabia dan Jiah terlunta-lunta hingga akhirnya Rabia menikah untuk keduakalinya, ia mempunyai seorang putri Kharisma Khan. Perkawinan itupun berakhir pada 1995 dan menjadikan Rabia seorang tuna wisma. Rabia membesarkan kedua putrinya dengan caranya sendiri dan memboyong Jiah ke Mumbai untuk berkarir di film perdananya Dil Se, sebagai Meghna cilik. Audisi inilah yang membuat Jiah tetap berkarir di Mumbai.

Setelah menjanda untuk keduakalinya, Rabia Ameen beralih profesi menjadi penulis berita di televisi Inggris dan BBC. Rabia enggan kembali berakting mengingat karirnya tidak secermerlang teman seangkatannya, Jiah adalah satu-satunya harapan namun Tuhan berkehendak lain.

Filmografy Rabiya Khan aka Rabia Ameen

As Actor:
Ek Naya Rishta (1988)
Directed by: Vinod Pande
Main Cast: Rekha, Raj Kiran, Mazhar Khan, ..

Ankush (1986, 78°)
Directed by: N. Chandra
Main Cast: Nana Patekar, Rabia Amin, Ashalata, ..

Locket (1986)
Directed by: Ramesh Ahuja
Main Cast: Jeetendra, Rekha, Vinod Mehra, ..
Directed by: Amjad Khan
Main Cast: Amitabh Bachchan, Zeenat Aman, Rabia Amin, ..
Geraftaar (1985, 59°)
Directed by: Prayag Raj
Main Cast: Kamal Hassan, Poonam Dhillon, Madhavi, ..

Karmyudh (1985)
Directed by: Swaroop Kumar
Main Cast: Mithun Chakraborty, Anita Raj, Pran, ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar