My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Selasa, 27 November 2012

Happy Birthday, Bappi Lahiri

Penyani di Bollywood mendapat kehormatan sama seperti para aktor/aktrisnya. Tanpa para penyanyi yang bersuara emas itu film Bollywood bagai sayuran tanpa garam. Tepat 60 tahun silam penyanyi legendaris yang mengalunkan suara emasnya untuk ratusan lagu Bollywood itu, kini tengah berbahagia. Bappi Lahiri, penyanyi bertubuh gemuk nan merdu tersebut merayakan Ultahnya pada 27 November 2012.
Bappi hanya merayakan dengan keluarga di kediamannya. Bappi menikah dengan Chitrani dan dikaruniai dua anak, Rema dan Bappa. Pada April 2012 lalu, Bappa melangsungkan pernikahannya. 

Bappi Lahiri terlahir dari keluarga yang cinta musik, ayahnya Apharesh Lahiri seorang penyangi terkenal dari Bengali dan ibunya, Bhansari Lahiri seorang musisi dan penyanyi klasik dan Shyama Sangeet. Sejak kecil Bappi digodok untuk menjadi penyanyi international tak heran jika anak tunggal dari Apharesh dan Bhansari ini belajar musik dengan gigih. Alhasil, usaha Bappi untuk terkenal terwujud, ketika usia 19 tahun Bappi hijrah ke Mumbai ia mendapat kesempatan mengubah lagu Nanha Shikari 1973. Lagu tersebut menjadi hits di musik Bollywood. Pada 1975, Bappi mendapat kesempatan menulis lagu untuk Zakhmee 1975 dan Chalte Chalte 1976. Di sambung dengan duetnya dengan Kishore Kumar, pamannya dan juga Mohammad Rafi maka kesempatan menjadi go international menjadi kenyataan.

Bappi lebih dikenal sejak menyanyikan lagu untuk film Disco Dancer dengan ikon aktor Mithun Chakraborty. Imagenya sangat cocok dengan lagu berirama rancak dan disco. Seluruh India menyebutnya dengan Disco King (Raja Disco) dengan suaranya yang khas dan mantap Bappi tetap menjadi yang terbaik dalam deretan penyanyi legendaris milik Bollywood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar