My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Rabu, 03 Oktober 2012

Oh My Darling, I Love You - Thailand Version

Plagiator pada dunia hiburan dalam dan luar negeri ada sejak dulu dan akan terus mewarnai entertainment. Saling menjiplak karya seseorang bakal menemukan masalah luar biasa. Di satu pihak mendapat keuntungan dan pihak lain kebakaran jenggot dan emosi luar biasa jika hasil karyanya dijiplak mentah-mentah.


Baru-baru ini, grup band asal Indonesia Wali band, menemukan hasil karyanya "Tobat Maksiat" telah dijplak mentah-mentah musisi asal Kamboja. Mereka mengubah bahasa lagu 'TOMAT' itu dengan judul Chob Paroy yang dipopulerkan penyanyi berwajah ganteng, Keo Veasna. Tentunya, yang merasa empunya lagu itu kalang kabut mendengar berita Chob Paroy menjadi hit selama sebulan ini di Kamboja.

Tetapi, kita tidak berbicara tentang grup band Indonesia yang protes karena lagunya dijiplak mentah-mentah oleh Keo Veasna. Tampaknya negeri Kamboja ini senang sekali mengubah lagu-lagu hit dalam bahasa mereka tanpa mengurangi lebih banyak nadanya. Kami [bollywood lover's] menemukan sebuah lagu yang tidak beda sama sekali alias mirip dengan OH MY DARLING, I LOVE YOU dari film MUJHSE DOSTI KAROGE. Lagu tersebut terdengar sangat rancak dilantunkan oleh Sok Pisey dan Mein Bunlo [begitu disebutkan nama penyanyi tersebut]. 

Lagu ini menggunakan judul yang sama dan memberi tambahan pada keterangan lagu, OH MY DARLING, I LOVE YOU Thailand Version. Secara tidak sengaja, kami menemukan link ini dan mendengar kembali lagu yang menggunakan bahasa ~prang chong prey cho pak countrey~ atau apalah ... itu. 2 opsi melintas dalam benak pecinta Bollywood. Opsi pertama, Bollywood pun terkenal di seluruh dunia bahkan Kamboja sekali pun. Opsi kedua, para musisi Kamboja mengubah lagu ini dan [mungkin] lagu yang lain pula, tanpa ijin, untuk mendapat keuntungan.

Mungkin, lagu MDK yang dijiplak dalam bahasa Thailand tersebut tidak mendapat sweeping dari Yash Chopra sebagai banner lagu Oh My Darling, I Love You. Begitu banyak cara pecinta musik mengekspresikan kecintaannya pada sebuah lagu. Mmmm ...

*** Anda dapat mendownload lagu Oh My Darling I Love You Thailan Version DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar