My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Minggu, 08 Desember 2013

18 Fakta Life of Pi

Kisah petualangan yang menegangkan seorang pemuda dan seekor harimau di samudera luas dan bertahan hidup untuk menemukan daratan. Sungguh film yang sangat sarat dengan makna kehidupan. Apapun yang kita alami baik atau buruk, Tuhan tetap menjaga kita. Pesan moral yang pastinya membekas dihati penonton membuat kisah Life of Pi patut kita tonton. Nah, dibalik ketegangan itu film ini memiliki 18 fakta ... yuk kita simak :

1. Tobey Maguire dijadwalkan akan bertindak sebagai penulis. Ia sempat syuting beberapa adegan, namun sutradara menggantikan Tobey dengan Rafe Spall. Ang Lee berpikir Tobey adalah aktor besar dan disini hanyalah peran kecil baginya. Ketenaran Tobey diatas para aktor lainnya, ini sangat mengganggu dan akhirnya peran digantikan.

2. Sutradara tak pernah berpikir akan memakai Suraj sebagai peran utama. Namun, dalam audisi ia berhasil mengalahkan 3.000 peserta audisi.


3. Nama Richard Parker yang dipakai untuk nama harimau itu memiliki sejarah. Pada 1838, dalam buku "The Narrative of Arthur Gordon Pym of Nantucket" disebutkan ada seorang pelaut dan ketiga temannya bertahan hidup dari kapal yang karam. Pelaut itu membunuh dan memakan (meng-kanibal) temannya untuk bertahan hidup. Dan pada tahun 1884, sebuah kapal Mignorette karam. Seorang anak buah kapal dan tiga lainnya bertahan hidup. Pemuda itu bernama Richard Parker, ia membunuh ketiganya dan memakannya untuk bertahan hidup.

4. Suraj Sharma tidak pernah berada dalam perahu dengan harimau nyata. Itu adalah efek teknologi yang super canggih. Harimau nyata hanya ketika Harimau berada dalam air.

5. The Piscine Molitor terletak di Paris, di samping Parc Bois de Boulogne, antara Stade Roland Garros dan Parc des Princes. Dibuka pada tahun 1929, ditutup pada tahun 1989, dan diklasifikasikan sebagai monumen sejarah Perancis pada tanggal 27 Maret 1990. Akhirnya, Piscine Molitor dihancurkan pada tahun 2012, meskipun banyak oposisi dari orang di Paris.

6. Ikan besar bercahaya yang kemudian dibunuh oleh Piscine adalah efek buatan. Dalam kenyataan sang sutradara pun ingin menemukan ikan yang sama. Sutradara telah melakukan pengamatan lain, dengan scope kaca ia bisa menarik ikan dari dalam untuk muncul dipermukaan seperti iklan terbang dan ikan kecil lainnya. Sebagai adegan terakhir penyerbuan ikan, Ang Lee memberikan bayangan paus melintas di bawah perahu Pi.

7. Penulis Yann Martel mengatakan ia terinspirasi oleh resensi buku penulis Brasil Moacyr Scliar tahun 1981 tentang novel berjudul Max and The Cats, tentang pengungsi Yahudi-Jerman yang melintasi Samudera Atlantik sambil berbagi perahu dengan jaguar.

8. Beberapa syuting yang termasuk dalam tampilan dari Wisnu (yang tidur terlihat di tongkang). Tampilan Wisnu muncul di perbukitan jauh ketika Pi sedang berlibur dan mengunjungi gereja untuk minum air suci. Dia muncul dalam awan di malam yang gelap di laut. Dia ada dalam bentuk Marina Trench di peta laut. Ia juga ada di pulau karnivora.

9. Ang Lee mengontrak Steven Callahan sebagai konsultan bahari. Steven Callahan pernah bertahan hidup di laut atlantik selama 76 hari setelah perahu layarnya tenggelam.

10. Life of Pi memenangkan oscar dan sutradara Ang Lee menerima penghargaan setelah 7 tahun silam ia memenangkan oscar untuk film Brokeback Mountain 2005.

11. M. Night Syamalan menulis satu adegan kecil untuk film ini.

12. Nama kapal kargo Jepang, Tsimtsum, adalah kata Ibrani yang digunakan oleh abad ke-16 Kabbalist Isaac Luria untuk menunjukkan "kontraksi" Allah tentang diri-Nya dari dunia pada saat penciptaan. Dalam novel itu, Pi dewasa menyebutkan telah melakukan tesis teori Luria tentang penciptaan. Dalam film ini, ia menyebutkan mengajar kursus pada Kabbalah.

13. Dua film Irrfan Khan tahun 2012 yang didalamnya terdapat nama "Richard Parker", pertama The Amazing Spider-man dan Life of Pi.

14. Lif of Pi (2012) menjadi film keluarga pertama yang memenangkan Academy Award untuk Best Director (Ang Lee) sejak Carol Reed untuk Oliver! (1968) di Academy Awards ke-41 pada tahun 1969, meskipun orang lain telah dinominasikan: Norman Jewison untuk Fiddler on the Roof (1971), George Lucas untuk Star Wars: Episode IV - A New Hope (1977), Steven Spielberg untuk Raiders dari Lost Ark (1981) dan ET the Extra-Terrestrial (1982), dan Martin Scorsese untuk Hugo (2011).

15. Film pertama yang tidak dinilai PG-13 atau R oleh MPAA untuk memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik sejak Out of Africa (1985).

16. Tabu dan Irrfan Khan sebelumnya bermain suami dan istri dalam The Namesake (2006) dan bertemu di Life of Pi sebagai ibu dan anak.

17. Beberapa nama pilihan untuk film ini sejak 2002 telah direncanakan seperti : M. Night Shyamalan, Alfonso CuarĂ³n, dan Jean-Pierre Jeunet.

18. Ang Lee menjadi cameo yaitu sebagai awak kapal sebelum ibu Pi menerima nampan makanan dari koki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar