My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Sabtu, 06 Juli 2013

Asal Usul Tarian di India


Dalam mitologi Hindu, tari diyakini telah disusun oleh Brahma. Brahma terinspirasi dari sikap bijak Bharata Muni untuk menulis Natya Shastra, sebuah risalah pada seni pertunjukan, di mana praktek dikodifikasikan tari dan drama muncul. Dia menggunakan pathya (kata-kata) dari Rgveda, abhinaya (gerakan) dari Yajurveda, geet (musik) dari Samaveda dan rasa (emosi) dari Atharvaveda untuk membentuk Natyaveda (tubuh pengetahuan tentang tari) yang paling terkenal dari dewa Hindu-Siwa, Kali dan Krishna-biasanya direpresentasikan dalam tarian, tarian kosmik Shiva, tandava, Kali penciptaan dan kehancuran dan tari Krishna dengan gopikas (kawanan gadis yang menari untuk menghormati arwah sapi)-Rasa Lila-adalah motif populer dalam mitologi Hindu.

Di India kuno, tidak ada ruang auditorium khusus atau teater, dan tari itu termasuk aktivitas fungsional yang didedikasikan untuk ibadah, hiburan atau rekreasi. Penari biasanya dilakukan di kuil-kuil, pada kesempatan meriah dan panen musiman. Tari dilakukan secara teratur sebagai bentuk ibadah penghormatan pada dewa. Bahkan di India modern, dewa dipanggil melalui bentuk-bentuk tarian rakyat agama dari zaman kuno. bentuk tari klasik seperti Bharata Natyam penggunaan mudra atau isyarat tangan juga untuk menceritakan kembali kisah-kisah mitologis episode seperti pembantaian Kaliya oleh Krishna.

Secara bertahap penari, terutama dari India Selatan, pindah dari kuil ke rumah keluarga kerajaan dimana mereka tampil secara eksklusif untuk mendapat bayaran.

India menawarkan sejumlah bentuk tari klasik India, yang masing-masing dapat ditelusuri ke berbagai bagian negara. Tari klasik dan merakyat juga muncul dari tradisi India, epik dan mitologi. Ada banyak tarian rakyat India seperti Bhangra, Bihu, Ghumura Dance, Sambalpuri, Chhau dan Garba dan tarian khusus diamati dalam festival regional seperti Lohri dan Navratri.

Tari India dipresentasikan ke dalam film, Cinema Hindi, telah menjadi bagian dari film India dan sudah dikenal ke khalayak global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar