My Blogger

Siapapun boleh membaca asal jangan copas, lebih baik Anda rewrite atau cantumkan link.
Matur suwun, shukriya.

Sabtu, 10 Mei 2014

12 Fakta Taare Zameen Par 2007

Mendidik siswa, mentransfer ilmu sekolah pada anak tidak bisa diajarkan secara teori saja. Apalagi pendidik adalah pribadi yang kolot, keras, dan pintar hanya untuk diri sendiri. Hasilnya, berdampak berat pada perkembangan belajar anak. Taare Zameen Par ... sebuah film yang mencontohkan kegagalan pendidik yang hanya mementingkan tugas mengajar bukan hasil dari bagaimana ia mengajar. Sentilan yang apik dapat menggugah hati orang tua, guru, siswa dan publik yang menonton film ini. Seharusnya, apa yang dilakukan oleh tokoh Ram Shankar Nikumbh (Amir Khan) perlu ditiru oleh pendidik supaya pengajaran di dalam kelas menyenangkan dan proses belajar mengajar tercapai.

Jika Anda sudah menonton film ini, pastinya Anda mengingat adegan demi adegan yang mengharukan. Dan, dibawah ini kita simak beberapa fakta dari Taare Zameen Par :

1.    Ketika Darsheel Safary menerima peran ini ia mengalami masalah di sekolahnya. Beberapa guru tidak setuju jika Darsheel banyak membolos untuk kepentingan syuting. Menurut mereka, pelajaran Darsheel akan terganggu mengingat saat itu ia masih Sekolah Dasar.
Akhirnya, Aamir Khan turun tangan, ia datang ke sekolah Darsheel dan meyakinkan pihak sekolah untuk tidak khawatir sedemikian rupa pada studi Darsheel. Aamir Khan mempertahankan Darsheel, karena menurutnya Darsheel adalah sosok yang tepat untuk tokoh Ishaan Awasthi. Selain itu Aamir Khan membantu Darshel tetap mendapatkan studi yang baik selama masa syuting, sehingga Darsheel tidak tertinggal palajaran dan dapat mengikuti ujian sekolah dengan baik. Aamir Khan juga mendanai semua kebutuhan akademik Darsheel ketika syuting.

2.       Aamir Khan memberikan hadiah Xbox 360 pada Darsheel di hari ulang tahunnya.

3.       Lukisan Ishaan sebagian besar adalah karya kreatif Amole Gupte.

4.   Aamir Khan mendapat ijin khusus dari Amitabh Bachchan untuk menggunakan pengalaman Abishek Bachchan yang pernah mengalami dyslexia di masa kanak-kanak. Aamir Khan menggunakan Abhishek sebagai contoh dulu ketika masa kanak-kanak Abhishek berjuang dengan keyakinan melawan dyslexia dan akhirnya hal itu terwujud hingga kini Abhishek menjadi aktor sukses dalam Dhoom.

5.       Judul ini disarankan oleh Salman Khan pada Aamir Khan, ketika mereka bertemu di sebuah pesta.

6.       Samir Mondal seorang pelukis India menyumbangkan hasil karyanya untuk film ini dan digunakan dalam film. Samir tidak menarik biaya apapun pada Aamir Khan.

7.  Darsheel Safary tergabung dalam kelompok tari Shiamak Davar. Saat itu ia melihat pengumuman “Hunting for a naughty kid. If you’re selected, you will get a chance to act with Aamir Khan”, Darsheel mengikuti audisi dan Amole Gupte melihat karakter Darsheel cocok dengan tokoh Ishaan. Maka terpilihlah Darsheel Safary sebagai Ishaan Awasthi.

8.       Rumah Ram (Aamir Khan) ketika ia menempatkan perahu buatan Ishaan disamping foto orang tua Ram yang sebenarnya itu adalah foto orang tua Aamir Khan. Dan rumah yang digunakan adalah rumah Aamir Khan di Panchgani.

9.      Lalitha Lajmi adik dari aktor legendaris Guru Dutt menjadi cameo dalam film ini. Lalitha seorang pelukis terbaik di India mendapat peran diakhir cerita yaitu ketika memberikan hadiah pada Ishaan Awasthi.

10. Editing film, Deepa Bhatia mengkonfirmasikan bahwa ide awal dari film ini bukan tentang dyslexia melainkan kisah dari masa kecil pembuat film di Jepang yaitu Akira Kurosawa. Di masa kecil Akira Kurosawa selalu tampil buruk di sekolah dan tidak pernah mendapat perhatian dari gurunya. Dan ketika Akira bertemu dengan guru kesenian yang penuh perhatian, Akira dapat mengembangkan diri menjadi siswa yang bersemangat belajar. Jadi, kisah ini merujuk pada bagaimana cara guru mendidik siswa dengan perhatian sehingga dapat mengubah kehidupan siswa tersebut.

11.  Dhimant Vyas menggunakan program claymotion membantu fim ini semakin menarik. Digambarkan air berubah menjadi pesawat, ikan berubah menjadi ubur-ubur dan seterusnya. Program ini juga digunakan dalam film Lagaan 2001.


12.  Nama Nikumbh yang diberikan untuk peran Aamir Khan diinspirasi dari guru seni dan kepala sekolah di Hansraj Morarji Public School, Shri R. S Nikumbh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar